Senin, 01 Agustus 2011

Menilik manfaat musik pada anak


Sudah bukan waktunya lagi mengukur manfaat mempelajari musik hanya dari keterampilan memainkan instrument secara pribadi maupun kelompok di panggung atau pentas. Sebab saat ini telah banyak penelitian menemukan bahwa dampak belajar musik justru sangat signifikan pada perkembangan intelektual dan emosional seorang anak dan tentunya juga perkembangan mental disamping keterampilan memainkan instrument musik. Jika demikian, bagi generasi penerus yang dalam hal ini adalah siswa siswi sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, musik menjadi faktor yang sangat penting bagi terciptanya generasi muda yang lebih baik.

Sebuah artikel di harian Kompas tanggal 9 agustus 2009 yang berjudul “Menilik Manfaat Musik pada Anak” semakin memperjelas manfaat musik bagi perkembangan  seseorang yang belajar musik terutama pada anak.

Mengenalkan anak pada alunan musik sejak dini merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Pasalnya, selain dapat memancing ketertarikan si buah hati untuk lebih mendalami dunia musik, musik merupakan seni yang memiliki banyak manfaat, berikut beberapa di antaranya.

Kebiasaan berlatih musik akan menyeimbangkan kemampuan otak kiri dan otak kanan. Selain itu musik dapat meningkatkan daya ingat anak untuk proses belajar dan penyimpanan informasi. Singkat kata, musik dapat berguna untuk meningkatkan kecerdasan.

Bermain musik dapat membantu koordinasi antara indera dan kemampuan motorik anak yang sering mendengarkan musik, kepekaannya akan terlatih untuk menangkap bunyi. Hal ini dapat mengembangkan kemampuan sinkronisasi ritme dan urutan – urutan gerakan.

Selain memberi kesenangan, bermain musik juga dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas. Musik dapat menjadi salah satu fasilitas untuk menyalurkan daya imajinasi dan emosi. Sehingga emosi dan kepribadian anak itu dapat berkembang ke arah yang positif.

Musik dapat juga memberi pengetahuan lebih kepada anak sekaligus melancarkan ilmu matematika. Pasalnya, dalam bermusik, anak harus memahami tempo dan ketukan – ketukan setiap nada. Lamanya suatu nada dibunyikan harus dihitung secara teliti.

Bukan hanya bermain musik saja yang bermanfaat untuk perkembangan anak, aktivitas – aktivitas musik pun dapat menyumbangkan hal yang berguna bagi perkembangan mereka. Aktivitas musik dengan sendirinya dapat membantu untuk menciptakan kerja sama. Memberikan pemahaman tentang bagaimana musik dapat terdengar indah jika saling melengkapi.

Musik dapat mendorong seorang anak untuk memiliki kemauan untuk berkelompok, mendorong terbentuknya jiwa kepemimpinan, dan komunikasi yang baik. Pada akhirnya, musik dapat mengembangkan kemampuan sosial anak.

Alunan musik klasik adalah jenis musik yang biasa dipercaya dapat mengembangkan otak, jiwa, serta karakter anak. Namun, bagi Anda yang tidak menyukai musik klasik, jenis musik jazz atau pop yang memiliki irama yang tenang dapat menjadi pilihan. ( Kompas, Minggu 9 Agustus 2009 )

Maka dari itu mari belajar musik bagi terciptanya generasi yang lebih baik!
Mari bergabung bersama kami!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar